Seberapa Pentingkah Paras Anda?


ANDA berkata anda tidak menyukai penampilan anda? Ya, hanya sedikit diantara kita-kalaupun ada-yang betul-betul merasa puas dengan parasnya. Tidak seperti Narcissus yang jatuh cinta kepada bayangannya sendiri dipermukaan air kolam, beberapa diantara kita hampir putus asa bila memperhatikan dirinya di cermin.
  ‘Saya tidak suka dengan tubuh saya,’keluh Maria yang berumur 16 tahun. ‘Saya merasa saya kurang cantik,’ Bob yang berusia 13vtahun menyatakan keluhan yang serupa: ‘Saya tidak menyukai rambut saya, coba lihat, seperti duri landak di bagian belakang.’ Yang membuat keadaan bertambah buruk lagi, penampilan seorang remaja dapat berubah begitu cepat, sehingga menurut seorang psikolog, kaum seringkali “merasa diri seperti orang asingdalam tubuhnya sendiri.” Jadi banyak di antara mereka mengeluh mengenai wajah, rambut, bentuk tubuh dan perawakannya.
    Memeng Allah sendiri menghargai keindahan. Pengkhotbah 3:11 berkata: “Ia [Allah] membuat segala sesuatu indah pada waktunya.” Dan penampilan anda memang dapat sangat mempengaruhi cara orang lain memandang dan memperlakukan diri anda. Dr. James P. Comer menambahkan: ‘ Citra tubuh merupakan bagian dari citra diri. Hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan seseorang pada sendiri dan apa yang ia lakukan atau tidak lakukan dalam kehidupannya.” Karena itu perhatian yang sehat terhadap penampilan anda adalah baik. Namun, bila anda menjadi terlalu peka sehingga anda menjahukan diri dari orang-orang atau tidak menyukai diri anda sendir, ini bukan lah perhatian yang sehat lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar