Bagaimana Cara Agar Orang-tua Saya Memberi Saya Lebih Banyak Kebebasa?


Anda mengatakan anda sudah cukup dewasa untuk pulang larut malam pada akhir pekan. Mereka mengatakan anda harus pulang lebih awal.Anda mengatakan anda ingin melihat film baru yang sedang di bicarakan semua orang. Mereka mengatakan anda tidak boleh melihatnya. Anda mengatakan anda telah berkenalan dengan beberapa anak yang baik dan ingin pergi berjalan-jalan dengan mereka. Mereka mengatakan mereka ingin bertemu dulu dengan anak-anak- itu.
   Bila anda seorang remaja, kadang kala anda merasa seolah-olah orang-tua benar-benar mengekang kehidupan anda. Tampaknya setiap kali anda mengatakan “Saya ingin”,ini pasti akan diusul dengan “Tidak,kamu tidak boleh”. Kehidupan anda juga tidak pernah terlepas dari “intaian mata” orang-tua anda. Debbie yang berumur 15 tahun berkata: “Ayah saya selalu ingin tahu dimana saya berada, pukul berapa saya akan pulang. Kebanyakan orang-tua melakukan itu. Haruskah mereka tahu segalanya? Mereka seharusnya memberikan lebih banyak kebebasan kepada saya.”
   Kaum remaja selanjutnya mengeluh bahwa orang-tua mereka tidak menghargai mereka. Bila ada sesuatu yang tidak beres, sebalingnya mereka langsung divonis bersalah tanpa diperiksa. Sebalinya dari dibiarkan memilih sendiri, mereka dikekeng oleh peraturan-peraturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar