Mengapa Orang-tua Saya Menekan Saya?


Beberapa remaja mengatakan bahwa kekhawatiran orang-tua mereks atas celaka yang mungkin terjadi atas diri  mereka sudah mendekati paranola (kegilaan)! Tetapi ingat, banyak waktu dan emosi telah dicurahkan kepada diri anda. Pemikiran bahwa anda bertumbuh dewasa dan akhirnya pergi dapat mengganggu perasaan orang-tua anda. Seorang-tua menulis: “Anak saya satu-satunya, seorang lelaki, sekarang sudah berumur sembilan belas tahun, dan saya tidak tahan memikirkan gagasan bahwa ia suatu saat akan pergi meninggalkan rumah.”
  Maka beberapa orang-tua cenderung menekan atau terlampau melindungi anak-anak mereka. Tetapi sangat keliru bila anda menanggapi hal itu juga secara berlebihan. Seorang wanita mengingat. “sebelum saya berusia 18 tahun, ibu dan saya sangat dekat........[Tetapi] seraya umur saya bertambah kami mulai ada problem. Saya ingin memiliki kebebasab tertentu, yang pastin dilihat olehnya sebagai ancaman terhadap hubungan diantara kita. Maka, ia mulai berupaya menahan saya lebih erat, dan saya beraksi dengan lebih menjauh lagi.”
   Kebebasan hingga tingkat tertentu adalah baik, tetapi jangan memperoleh hal itu dengan mengorbankan keluarga. Bagaimana anda dapat mengupayakan agar hubungan dengan orang-tua anda dapat lebih bersifat hubungan antar orang dewasa, berdasarkan saling pengertian, toleransi, dan hormat? Satu hal yang penting, hormat menghasilkan hormat. Rasul paulus pernah mengatakan: “Dari ayah kita yang sebenarnya beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati.”(ibrani 12:9)  orang-tua dari orang-orang kristen yang mula-mula bukan orang yang sempurna. Paulus melanjutkan (ayat 10): “sebab ayah jasmani kita....hanya dapat melakukan apa yang mereka anggap terbaik.”_The Jerusalem Bible.
  Kadang-kadang pria-pria ini membuat kesalahan dalam penilaian. Meskipun demikian merka pantas mendapatkan hormat dari anak-anak mereka. Demikian pula orang-tua anda. Kenyataan bahwa mereka adalah tipe yang suka menekan tidak menjadi alasan untuk memberontak. Berikanlah kepada mereka hormat yang sama yang anda inginkankan bagi diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar