Bagaimana Saya Dapat Memperoleh Sahabat Sejati?


Setiap orang membutuhkan teman. Tetapi bila anda masih muda, teman-teman dapat memberikan pengaruh yang lebih besar atas cara anda berpakaian, bertindak, dan berfikir dibanding dengan orang-tua anda. Maka, siapa saja yang sepatutnya menjadi teman anda? Dan sejauh manakah hendaknya kehidupan anda dibentuk oleh pendapatan mereka.
 “SAYA sudah delapan tahun bersekolah di daerah ini, tetapi selama itu saya tidak pernah berhasil mendapatkan satu sahabat pun! Tidak satu pun.” Demikian keluh seorang remaja bernama Ronny. Dan mungkin anda pernah juga merasa gagal untuk berteman. Tetapi persisnya, apa sahabat sejati itu? Dan apa rahasia untuk mendapatkan sahabat?
    Sebuah Amsal berkata: “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” (Amsal 17:17)  Tetapi persahabatan bukan tempat mencurahkan perasaan. Seorang wanita muda bernama Marvia berkata: “Kadang-kadang seorang yang mengaku sahabat akan menyadari bahwa anda berada dalam kesulitan dan kemudian berkata, ‘saya sebenarnya sudah melihat bahwa anda bakal mendapat kesulitan, tetapi saya takut memberi tahu anda.’ Namun bila seorang sahabat sejati melihat anda menempuh jalan yang salah, ia akan berupaya memperingatkan anda sebelum terlambat-bahkan jika ia tahu bahwa anda mungkin tidak menyukai apa yang ia katakan.”
   Apakah oleh ego yang terluka anda akan menolak orang yang benar-benar prihatin mengenai diri andayang mengatakan kebenaran kepada anda? Amsal 27:6 berkata: “Pukulan dari seseorang yang mengasihi lebih dapat dipercaya daripada ciuman yang limpah dari seorang yang membenci.” (Byington) Maka, yang anda seharusnya ingnkan sebagai sahabat adalah seseorang yang berfikir dengan benar dan berbicara dengan jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar